KONTRIBUSI PT. FREEPORT INDONESIA UNTUK MASYARAKAT PAPUA

Sumber: ptfi.co.id Sudah 50 tahun lebih PT. Freeport Indonesia semenjak pertama kali ada di negeri kita ini. Seperti yang kita tahu ba...

Sumber: ptfi.co.id

Sudah 50 tahun lebih PT. Freeport Indonesia semenjak pertama kali ada di negeri kita ini. Seperti yang kita tahu bahwa PT. Freeport Indonesia merupakan perusahaan tambang yang beroperasi di dataran tinggi terpencil di Pegunungan Sudirman, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua.

Tapi tahukah kalian apa saja kontribusi Freeport untuk masyarakat?

Saya waktu pertama kali mendapat pertanyaan tersebut juga nggak bisa jawab, maka dari itu saya membuat artikel ini untuk menjawab keingin tahuan saya mengenai apa saja yang sudah dilakukan Freeport Indonesia yang berdampak langsung untuk masyarakat Papua.

Sumber: ptfi.co.id
PT. Freeport Indonesia yang sudah beroperasi dari tahun 1966 memiliki komitmen dimana sebagian dari pendapatan mereka akan disisihkan untuk masyarakat lokal melalui Dana Pengembangan Masyarakat.
Dana ini kemudian disalurkan melalui Lembaga Pengembangan Amungme dan Kamoro (LPMAK) yang merupakan organisasi nirlaba yang beranggotakan wakil-wakil pemerintah lokal, para tokoh Papua, pemimpin lokal masyarakat Amungme dan Kamoro dan PT. Freeport Indonesia.
Melalui LPMAK ini PT. Freeport Indonesia dapat bekerjasama dan konsisten berkontribusi demi mencapai tujuan pembangunan yang berkelanjutan. Adapun program pengembangan masyarakat yang dilaksanakan yaitu dibidang kesehatan, pendidikan, ekonomi serta infrastruktur.

Sumber: ptfi.co.id
PROGRAM KESEHATAN

Berdasarkan data dari Riset Kesehatan Dasar tahun 2018, Papua masih memiliki angka stunting yang cukup tinggi yaitu mencapai 32,9%. Stunting merupakan masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama. Tingginya angka stunting ini menjadi perhatian khusus Pemerintah Provinsi Papua, maka dari itu program penanganan stunting pun dilakukan dengan pemberian obat-pbatan dan makanan bergizi bagi anak-anak.
Bentuk dukungan atas program pemerintah dalam bidang kesehatan juga dilakukan PTFI dengan menggelar program Pemberian Makanan Tambahan-Pemulihan (PMT-P) untuk bayi dan balita yang teridentifikasi kurang gizi. Program ini sangat membantu masyarakat Papua untuk mendapatkan tambahan gizi dan nutrisi, monitoring atas pertumbuhan anak secara berkala, pendidikan gizi untuk ibu hamil sampai dengan follow up kesehatan bayi dan balita dari rumah ke rumah.
Selain itu, PTFI dan LPMAK juga turut aktif dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat dengan cara mendorong masyarakat untuk mempraktekan pola hidup bersih dan sehat.
Tidak berhenti disitu saja, pelayanan kesehatan yang masih kurang juga mendorong PTFI dan LPMAK membangun Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) di dataran rendah dan Rumah Sakit Waa Banti (RSWB) di dataran tinggi untuk membantu mempermudah akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Sumber: ptfi.co.id
PROGRAM PENDIDIKAN

Pendidikan merupakan salah satu hal penting untuk kemajuan bangsa serta meningkatkan taraf hidup masyarakat. Hal ini disadari betul oleh PTFI sehingga tiap tahunya PTFI selalu ikut mensponsori keberangkatan putera-puteri terbaik Papua dan Papua Barat untuk menimba ilmu di Amerika Serikat.
Program ini merupakan program kerjasama dengan AMINEF yang sudah berlangsung sejak tahun 1998. Penerima beasiswa akan belajar selama 2 semester di sejumlah community collage di Amerika Serikat. Program ini tidak hanya memfasilitasi pengembangan akademik putera-puteri terbaik Papua dan Papua Barat akan tetapi juga dapat mengasah keterampilan kepemimpinan mereka sehingga ketika mereka kembali ke Papua nanti akan menerapkan ilmu yang sudah didapat demi kemajuan masyarakat Papua.

Sumber: ptfi.co.id
PROGRAM EKONOMI

Sektor ekonomi juga tak luput dari Perhatian PTFI karena sector ini mampu memberikan nilai tambah bagi masyarakat lokal dan meningkatkan kompetisi pasar para pengusaha lokal.
Adapun bentuk dukungan serta perhatian yang telah dilakukan PTFI dan LPMAK adalah dengan cara memberikan perhatian pada program pertanian, peternakan, perikanan, ketahanan pangan, dukungan terhadap system ekonomi dan program ekonomi alternative serta kerjasama dengan pihak lain.
Pembuatan Program Pembinaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (PP-UMKM) dan Dana Bergulir juga sudah dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan kegiatan ekonomi masyarakat lokal sehingga mampu meningkatkan perekonomian lokal.

Sumber: ptfi.co.id
PROGRAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR

Untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Papua, PTFI juga melakukan upaya seperti pengembangan infrastuktur yang memudahkan akses masyarakat Papua. Pembangunan infrastruktur telah dilakukan di dataran tinggi maupun di dataran rendah.
Adapun beberapa pembangunan infrastruktur yang telah dilakukan di Timika, seperti pembangunan Bandara Internasional Mozes Kilangin, Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM), Jembatan Pomako, Kompleks Olahraga Mimika, Fasilitas Air Minum hingga bantuan pembangunan Kantor Pemerintahan Kabupaten Mimika.

Nah itulah beberapa sumbangsih bagi negeri yang sudah dilakukan oleh PT. Freeport Indonesia. Sebenarnya masih ada banyak lagi kalau mau ditelisik lebih dalam tentang kontribusi yang sudah dilakukan oleh PTFI untuk negeri khususnya masyarakat Papua.
Semoga kedepannya PTFI akan selalu konsisten dalam program-program yang sudah dijalankan hingga kini dan terus berinovasi untuk negeri.

You Might Also Like

0 komentar