Kamis, 28 Desember 2017

# Artikel # Piknik

MENGENAL INDUSTRI UMKM KOTA SEMARANG


Apa sih yang terlintas dibenak kalian tentang industri UMKM? Kalau saya sih mikirnya pasti produk produk home made. Jujur selama ini saya itu anak yang jarang banget beli produk UMKM karena saya termasuk anak Mall. Bukann bukaannn, ini bukan sombong tapi beneran saya nggak tau dimana beli produk produk UMKM.
Karena pengetahuan saya yang sangat minim tentang industri UMKM, saya akhirnya ikut One Day Trip yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Kota Semarang.
Pppssttt, semua tempat yang saya kunjungin di One Day Trip ini merupakan pertama kali saya datengin dan pertama kali juga saya denger.



Perjalanan One Day Trip saya ini diawali dengan drama ala ala Amazing Race, mulai dari telat bangun, ditinggal bus rombongan yang akhirnya saya gojek sampai Kota Lama. Masih pula saya turun di tempat yang salah gara gara teman saya salah kasih info, mau nggak mau saya harus lari ke destinasi yang harusnya dituju dan untung aja lokasinya nggak jauh jauh amat.


Laahhh kok malah saya jadi curhat ya?


Baiklah back to topic, destinasi pertama yang saya Kunjungi adalah Semarang Kreatif Galeri yang terletak di Kawasan Kota Lama Semarang. Untuk letak persisnya, Semarang Kreatif Galeri terletak di depan Museum Trick 3D Art Semarang. Di dalam Semarang Kreatif Galeri kami menjumpai berbagai jenis produk home industri diantaranya ada sandal, sepatu, wedges, baju, pernak-pernik, cendera mata dan lain sebagainya.

ANEKA BATIK

TAS DAN HEELS HOME MADE

ANEKA PERNAK PERNIK

Produk yang ada di Semarang Kreatif Galeri ini nggak cuma bahan tontonan loh tapi juga untuk dijual. Untuk produk produk yang dijual merupakan produk produk yang berasal dari UMKM yang telah mengantongi IUMK (Ijin Usaha Mikro Kecil). Jadi nggak perlu ragu akan kualitas barang-barang yang dijual di sini.

TAMPAK DEPAN CV. HOME INDUSTRI MILKFISH

Destinasi selanjutnya yaitu ke Sentra Pembuatan Bandeng yang berlokasi di Krobokan Semarang.


Kami mengunjungi CV. Home Industri Milkfish milik Bapak Petrus Sugiyanto. Beliau ini selain pemilik merupakan penggerak pusat pelatihan pengolahan hasil kelautan & perikanan.

BANDENG PRESTO

INI KAYAKNYA TAHU BAKSO

OTAK OTAK

STICK DURI BANDENG

Disini kita disuguhi berbagai olahan ikan bandeng, mulai dari bandeng presto, otak-otak, tahu bakso, krupuk kulit bandeng, nugget bandeng dan stick duri bandeng. Nahh lohh nggak nyangka kan duri bandeng aja bisa dibikin jadi makanan? Untuk urusan rasanya uuhhhh endeuss bingits deh. Ini saya nggak perress yaa, tapi emang semua olahan bandeng di CV. Home Industri Milkfish ini enak enak loh, mamy saya dirumah yang saya bawain bandeng presto sama stick duri bandeng aja ketagihan. Masalah harga? Tenang aja gais, disini semuanya murah murah. Nih saya kasih bocoran harga makanan yang dijual di CV. Milkfish.


Selesai icip icip di sentra pembuatan bandeng, kami lanjut lagi ke destinasi UMKM selanjutnya yaitu sentra pembuatan batik mangrove yang berada di Kampung Alam Malon.


Kampung Alam Malon ini terletak di Jl. Malon Kecamatan Gunung Pati, Semarang. Sesampainya disini, kami disambut oleh Ibu Zie pemilik dari Zie Batik Alam. Beliau menjelaskan tentang pengerjaan batik yang masih menggunakan cara manual, dimulai dari proses nglowong atau proses desain awal kemudian baru pengisian di garis garis desain, proses pencelupan sampai proses pencucian menggunakan buah lerak.
PROSES NGLOWONG

PENJEMURAN

HASIL JADI ZIE BATIK ALAM

Warna warna untuk kain batik disini menggunakan pewarna alami loh, ada yang menggunakan pewarna dari mangrove (untuk mendapatkan warna coklat), indigo vera (untuk mendapatkan warna biru), jelawe (untuk mendapatkan warna kuning) dan masih banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai pewarna alami.


Jujur saya seneng banget sama hasil batik dari Zie Batik Alam soalnya motifnya keren keren dan yang pasti karena tahu sendiri proses pengerjaan yang rumit bikin saya tambah jatuh hati sama batik ini.

Destinasi terkahir kami yaitu ke kebun durian yang masih berada di kawasan Kampung Alam Malon. Di kebun durian yang memiliki luas kurang lebih 6 Hektar ini, pengunjung bisa melihat lihat kebun durian sekaligus membeli durian yang ada disini loh. Untuk urusan harga jangan khawatir mahal apalagi ini kan di sentra kebun durian nya langsung. Yuukkk cuss langsung dateng kesini bawa temen dan keluarga buat beli durian disini.
SUMBER: MAS GUS WAHID

Sebelum berpisah dengan para rombongan, kita foto-foto dulu dong. Semoga lain kali kita bisa pergi jelajah UMKM lagi yaa gais.


3 komentar:

  1. Besok beli stik bandeng ah.. kayae enak...kak.

    BalasHapus
  2. Besok nglamar mantan ah kayak e enak

    BalasHapus
  3. Aq pengen beli batiknya ih, anterin k malon dung

    BalasHapus