Jumat, 17 Maret 2017

LAUNCHING WEBSITE KALKULATORZAKAT.COM DAN GERAKAN ONE MONTH ONE CARE

Jumat kemaren tepatnya tanggal 10 Maret 2017 saya berkesempatan untuk menghadiri acara launching kalkulatorzakat.com dari Dompet Dhuafa yang bertempat di D’Cost Seafood Semarang

Acara apaan itu? Hah Dompet Dhuafa? Apa deh itu? Kalkulatorzakat.com ? website apaan juga deh itu?

Oke let me explain you one by one. (Ciyeeilah gayanya pake Bahasa inggris, sok inggris lo lee).



Acara dibuka oleh Bapak M. Imam Baihaqi selaku pimpinan cabang Dompet Dhuafa yang akan menjelaskan lebih detail mengenai Apa itu Dompet Dhuafa? dan Apa itu KalkulatorZakat.com?

Jadi Dompet Dhuafa (DD) adalah Lembaga Nirlaba milik masyarakat yang berdiri sejak 1993 yang berkhidmat untuk mengangkat harkat dan martabat kaum dhuafa dengan mendayagunakan dana Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf serta dana social lainnya, baik dari individu, kelompok maupun perusahaan. Nah, salah satu tugas dari Dompet Dhuafa adalah mengumpulkan dana zakat dan menyalurkannya kepada yang berhak menerima.

Ngomongin soal Zakat nih, Zakat itu terbagi menjadi 2 yaitu: Zakat Fitrah dan Zakat Mal. Zakat Fitrah merupakan Zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim 1 kali dalam setahun di bulan Ramadhan. Sedangkan Zakat Mal adalah Zakat yang wajib dikeluarkan apabila sudah mencapai Nishabnya.

Terus cara ngitung besarnya Zakat Mal kita gimana dong? Pusing tauk ngitung ngitung persenan gitu. Eiittssss nggak usah bingung, karena DD Jateng sekarang sudah memperkenalkan suatu landing page yang bernama KalkulatorZakat.com.

KalkulatorZakat.com ini mempunyai tujuan untuk memberikan edukasi, penyadaran, dan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi seputar zakat dan cara menghitungnya sekaligus melakukan pembayaran zakat secara online.

Nggak percaya? Coba deh liat screenshot yang saya ambil langsung dari KalkulatorZakat.com. Disini dijelaskan pengertian Zakat, manfaat Zakat, Zakat Mal dan lain sebagainya. Dan pastinya juga nggak usah pusing untuk mengetahui jumlah Zakat Mal yang harus kita bayarkan. Tinggal isi data yang sejujurnya di kolom yang sudah disediakan pada website KalkulatorZakat.com seperti berikut ini:






Kemudian kenapa sih kita memilih berzakat melalui Dompet Dhuafa?



Gimana? Mudah kan? Kalo masih belum percaya yukk cus langsung kunjungin KalkulatorZakat.com biar nggak penasaran dan langsung nyobain semua fitur yang ditawarkan disana.

Ayo! Hitung, Bayar, Hati Tentram.

Lanjuuttttttttttttt.........



Kemudian ada Mas Satrio yang menjelaskan tentang One Month One Care. Duuhh, apalagi ini One Month One Care? Weiittsss sabar buukkk sabaaarrrrrr, orang sabar pantatnya lebar wkwkwkwk.

Gerakan One Month One Care merupakan gerakan yang menyeru untuk peduli kepada sesama yang membutuhkan dengan cara berdonasi setiap bulannya secara sukarela baik dari individu, komunitas, kelembagaan maupun korporat. Hasil penghimpunan tersebut nantinya akan disalurkan melalui program – program DD Jateng dalam bidang social, kemanusiaan, ekonomi, pendidikan maupun kesehatan.

Siapa aja sih yang sudah bergabung dalam Gerakan One Month One Care? Ada KOJEK Semarang, Komunitas Mahasiswa Berbagi (Komaber), 1000 Guru Semarang, dan Semarang Runners. DD Jateng juga menggandeng Bloger Gandjel Rel untuk mendukung gerakan One Month One Care serta mensosialisasikan KalkulatorZakat.com agar lebih dikenal masyarakat luas.


(perwakilan dari Komaber, KOJEK, Semarang Runners)


(perwakilan 1000 Guru Semarang)

Acara ditutup dengan berfoto bersama dengan semua tamu undangan dan pihak Dompet Dhuafa.





So, udah jelas semua kan gimana tata cara berzakat dengan benar dan sesuai dengan ketentuan? Ayo tunggu apalagi, manfaatkan semaksimal mungkin fasilitas yang sudah disediakan oleh DD Jateng baik itu KalkulatorZakat.com maupun Gerakan One Month One Care.

Untuk lebih lanjut, kalian bisa menghubungi Dompet Dhuafa pada:
Alamat Kantor: Jl. Abdulrahman Saleh No. 199D Manyaran, Semarang – Jawa Tengah
Telp: 024-762-3884
Alamat Website: http://www.dompetdhuafa.org/

1 komentar:

  1. wah bagus juga ya, jadi gak bingung sama gak perlu takut salah kalo pengen ber zakat :D

    BalasHapus